The Five Laws of Library

S.R.Ranganathan

S.R. Ranganathan

Guys, ternyata Ilmu Perpustakaan punya hukum juga lho. So, ngga’ kriminal atau ilmu lain aja yang punya hukum. Hukum ilmu ini ada lima guys, tepatnya disusun oleh Pak Shiyali Ramamrita Ranganathan (1892-1972), salah seorang Bapak Pustakawan dunia yang berasal dari India, luar biasa khan. Let’s check this out :

1st. Book are for use : Semua koleksi di perpustakaan harus digunakan sebaik-baiknya. Yang namanya koleksi apapun media atau jenisnya harus dipake and diambil informasinya. So, kalo ngga’ gitu sayang banget, diloakin aja tuh atau sumbangin aja biar dapet pahala, he

2nd. Every reader his/her book : Tiap pemustaka harus mendapatkan koleksi yang dibutuhkan. Setiap yang mau and yang akan gunain harus dapet koleksi yang diperluin. So, kalo ngga’ dapet jadi ketinggalan informasi donk, khan ngga’ dapet koleksi yang dicari ya…ngga’ bisa dapet informasi and pengetahuan juga dong…

3rd. Every book it’s reader : Tiap koleksi harus sampai pada pemustaka. So, yang namanya koleksi tuh wajib hukumnya sampe ke yang butuh. Kalo ngga’ sampe-sampe gimana? So, mesti selidiki and cari tau kenapa bisa gitu guys

4th. Save the time of the reader : Menghemat waktu pemustaka. Nah, hukum yang satu nih ngajakin kita buat ngehargai yang namanya waktu, inget kalimat time is money? Sayang banget khan kalo nyari koleksi satu aja di perpustakaan sampe berjam-jam lamanya, sungguh terlalu…Wait, Jangan malu nanya ama librarian (pustakawan) juga…

5th. Library is growing organism : Perpustakaan merupakan badan yang selalu berkembang. Nah, bukan manusia aja yang bisa berkembang, perpustakaan juga harus gitu, maksudnya biar ngga’ ketinggalan zaman and ditinggal merana sendiri ama pemustaka-nya. So, perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan harus bisa nyesuain diri dengan keadaan and perubahan zaman juga guys

So, don’t wasted your time… Let’s use the Library and improve your literate…

Advertisements

2 thoughts on “The Five Laws of Library

  1. Satu yg saya tahu. Kalo sudah membaca buku, biarkan saja di meja, biar pustakawan yang mengembalikan buku ke tempat semula. 😀

    Itu aturan di perpustakaan jurusan saya. Entah perpustakaan di negara lain. :mrgreen:

    • Aya..ya…yup that’s right Sop, g’salah lagi dan terjadi di lapangan mmg begitu, tujuannya sederhana saja yaitu supaya nantiya buku atau koleksi yg sudah dibaca bisa ditemukan kembali, makanya pustakawan yg nantinya naruh tuh koleksi/buku ke tempat semula, ini yg biasanya disebut dengan istilah “shelving” kalo di perpustakan 🙂

Leave a reply please ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s