Budjana dan Tohpati

Budjana dan Tohpati

Budjana dan Tohpati

Bila sedang santai atau kadang saat lembur dan sepi aku ditemani musik intrumental dari I Dewa Gede Budjana atau yang lebih populer dikenal dengan Dewa Budjana dan Tohpati Ario Hutomo, mereka dua musisi kebanggaan Indonesia yang sudah tidak asing lagi dan memilki karya-karya luar biasa. Aku jarang melewatkan musik intrumental Dewa Budjana berjudul Dreamland, Bunga yang Hilang, On the Way Home di album Home dan Shambala serta Nikki Iku dari Album Samsara saat memutar karya-karya Budjana yang lain. Album-lbum solo Budjana memang memiliki ciri khas tersendiri yaitu elegan, anggun, dan santun. Seingatku dari apa yang dilontarkan Budjana di Buku Biografi GIGI Home adalah salah satu album solo yang terdapat orkestra dan dimainkan secara live dengan produksi yang begitu bagus. Home merupakan album keempat Budjana diluncurkan tahun 2005 setelah Nusa Damai (1997), Gitarku (2000), dan Samsara (2003). Di Album Home kita melihat Budjana yang sama sekali lain. Budjana mampu menyepi berkontemplasi, walaupun kesibukannya di GIGI tidak diragukan lagi.

Ada lagi musik intrumental gitar Tohpati yang berjudul Gembala, Kehidupan, Serampang Samba dari Album Serampang Samba, dan Land of God (Nusa Dewata). Pada lagu Land of God (Nusa Dewata) terdapat vokal tapi aku lupa pengisi vokal dan albumnya. Lagu yang bertajuk Pulau Bali ini menurutku memiliki makna magis.

Kedua gitaris ini memang penuh kontemplasi dalam menghasilkan karya, hal itu langsung terasa dalam setiap karya mereka. Mereka pun tak ketinggalan dengan konser amal yang beberapa kali digelar. Aku teringat pada saat menyaksikan konser akbar tanpa sponsor 11 Januari GIGI di Yogyakarta pada 11 Januari 2008, tepat saat itu karir GIGI genap 14 tahun dalam bermusik, Budjana sempat tampil solo memainkan melodi lagu tradisional rakyat Walang Kekek dan beberapa hits band yang sedang naik daun. Permainan gitar Budjana semakin tidak diragukan kualitasnya, kita bisa lihat Budjana memainkan string dan embrass pada lagu 11 Januari GIGI, salah satu lagu yang menjadi hits di album Peace, Love, ‘n Respect.

Advertisements

2 thoughts on “Budjana dan Tohpati

Leave a reply please ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s