Air Putih Delapan Gelas Sehari?

Air Putih Delapan Gelas Sehari?

Air putih delapan gelas sehari?

Beberapa waktu yang lalu setelah membongkar-bongkar beberapa isi majalah koleksi pribadi, secara tidak sengaja saya menemukan artikel yang cukup menarik di Rubrik Kesehatan Majalah National Geographic Indonesia edisi Oktober 2010 halaman 11. Artikel tersebut membahas anjuran meminum delapan gelas air putih sehari yang biasa dilakukan oleh sebagian dari kita, baik berasal dari bacaaan di majalah, situs internet, bahkan teks kedokteran. Beberapa ahli tidak yakin akan asal-usul “aturan” tersebut. Menurut Mike Sawka, ilmuwan dari Angkatan Darat AS, rumus tersebut berasal dari penelitian hewan pengerat pada tahun 1933 yang merekomendasikan konsumsi 2,5 liter air per hari untuk menutupi kehilangan air melalui keringat dan eksresi pada manusia aktif.

Dua puluh persen air konsumsi didapat dari makanan kaya air contohnya sup, es krim, menyisakan kekurangan dua liter (delapan gelas) lagi. Namun, kita tidak memerlukan delapan gelas air putih setiap hari. Minuman yang lain bisa diperhitungkan bahkan yang memiliki kafein sekalipun. Menurut Douglas Casa yang merupakan psikolog olah raga dari University of ConnecticutKebutuhan tubuh untuk menahan cairan mengalahkan pengaruh kecil kafein yang ada saat cairan hilang.”

Tubuh juga tidak malu memberitahu bila kita butuh cairan. Minumlah bila haus, dan sebaliknya. Namun terdapat satu pengecualian di sini yaitu : minumlah sebelum melakukan oleh raga berat. Jika ragu, cara mengeceknya adalah dengan urin kita sendiri. “Urin akan berwarna kuning gelap jika kita dehidrasi” kata Stella Volpe yang merupakan ahli nutrisi University of Pennsylvania. Hmm…kita tunggu hasil penelitian para ahli selanjutnya mengenai hal ini, sekarang waktunya minum atau makan dengan tidak melupakan rasa cukup bagi kebutuhan tubuh kita.

*image from here

Advertisements

2 thoughts on “Air Putih Delapan Gelas Sehari?

Leave a reply please ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s