Sejenak Pesonamu : Sahabat dan Rinjani

“Tidak ada yang cukup membahagiakan selain mengetahui para sahabat kita tetap baik dengan segala kondisi dimanapun mereka berada dan tidak ada yang cukup aneh memang, tapi perasaan bertemu sahabat setelah waktu yang begitu lama benar-benar sangat berbeda.”

      Enam tahun menurut saya waktu yang cukup lama. Tentunya banyak momen yang diantara kita pernah lalui baik sendiri maupun bersama orang lain, nah kali ini saya merasakan hal tersebut. Beberapa waktu yang lalu saya bertemu beberapa sahabat saya dari kalangan Siswa Pecinta Alam saat masih menempuh SMA dulu. Walaupun sekolah dan organisasi kami berbeda namun sering bertemu di forum pembina organisasi tersebut tingkat kabupaten, hehe sederhana tapi berkesan memang, mereka adalah Daton, Cma, Dicky, Embel, Ewi, dan yang terakhir Yuzzy. Setelah hampir enam tahun sejak pertengahan 2006 berpisah, kami bertemu di salah satu media komunikasi yang jadi trend saat ini yah jejaring sosial itulah namanya hehe. Bagi saya tidak ada yang cukup membahagiakan selain mengetahui para sahabat kita tetap baik dengan segala kondisi dimanapun mereka berada dan tidak ada yang cukup aneh memang, tapi perasaan bertemu sahabat setelah waktu yang begitu lama benar-benar sangat berbeda.

    Berkomunikasi kembali dengan mereka membuat saya terhanyut sesaat ke masa lalu, terutama saat melalui beberapa momen bersama mereka, yah salah satunya saat bersama-sama menaklukkan puncak Gunung Rinjani (3.726 mdpl) pada pertengahan 2006. Gunung Rinjani terletak di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Taman nasional ini juga terdaftar di UNESCO sebagai taman geologi di Indonesia. Gunung Rinjani ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia setelah gunung Kerinci (3.800 mdpl) atau puncak ketiga tertinggi setelah puncak Jaya atau yang sering disebut Carstenz Pyramid (4.884 mdpl) di Papua.

      Saat mendaki kami menuju puncak gunung Rinjani dengan menempuh pintu Sembalun (Sembalun Lawang) yang memiliki ketinggian 1.150 M dpl. Pintu Sembalun kami pilih karena lebih dekat ke puncak sehingga bisa menghemat tenaga selain itu daerah ini masih termasuk berdekatan juga dengan basecamp kami saat itu. Saat di puncak gunung Rinjani kami melihat kaldera yang sangat besar (dengan luas sekitar 50 Km2) dengan danau (Segara Anak) dan gunung kecil (Gunung Baru) di tengahnya. Wow…itu salah satu momen menakjubkan karena selain pernah berada di tempat tertinggi yang pernah kami capai, pemandangan di puncaknya pun begitu indah, semua itu cukup untuk membayar lelah perjalanan kami selama mendaki. Dalam hati masih teringat teriakan kami bersama saat itu “Alangkah besarnya ciptaan-Mu Tuhan dan alangkah kecilnya kami ini.”

     Setelah cukup waktu di puncak, setengah hari kemudian kami mencoba turun menuju ke kawah yang berupa danau, tujuan utamanya adalah mengunjungi beberapa lokasi eksotis di sekitar danau dan memancing tentunya karena di puncak maklum ngga’ ada yang jualan bakso sapi apalagi chicken crispy haha. Di Danau Segara Anak banyak terdapat jenis ikan, diantarnya seperti Mas dan Mujair, untunglah ngga’ ada ikan hiu nya, jadi bisa berenang hehe. Selain itu juga tidak jauh dari danau tersebut terdapat kolam air panas, kami coba berendam di kolam ini, yang mungkin merupakan kolam air panas tertinggi di Indonesia. Yah, suhu udara di puncak Rinjani sangat dingin, bisa mencapai empat derajat Celsius. Weiw bisa geleng-geleng memang bagi yang mengidap hypothermia. Yup tujuh hari lamanya kami habiskan waktu untuk bersama di tempat tersebut dengan melalui berbagai macam kondisi dan suka cita, kami pun pamit saat mentari terbit di hari terakhir. 🙂

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

One thought on “Sejenak Pesonamu : Sahabat dan Rinjani

Leave a reply please ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s