Hukum Ilmu Perpustakaan dan Pustakawan

Pada akhir pekan lalu saat menata ulang beberapa dokumen pribadi yang lama tak tersentuh, di bagian rak buku paling dasar, saya menemukan dua lembar kertas ujian salah satu mata kuliah saya saat menempuh Program Sarjana di Yogyakarta empat tahun yang lalu. Ada dua lembar kertas folio, lembarannya memang tidak hancur atau sobek hanya diselimuti oleh debu, di pojok kiri atas ada kolom kotak persegi panjang yang merupakan cap stempel berwarna biru tua, di dalam kolom itu masih rapi tertulis nama lengkap dan NIM saya, berikut nama mata kuliah, waktu ujian, dan nama dosen pengampu mata kuliah tersebut, ternyata ada juga tertulis angka 96 dengan spidol biru di pojok kanan atas hehe, Alhamdulillah.

Setelah membersihkan debu pada setiap halaman lembar ujian tersebut, Saya pun kembali membaca halaman demi halaman. Di sana terdapat salah satu soal yang jawabannya memerlukan penjelasan tentang hukum yang berlaku pada Ilmu perpustakaan dan Informasi selama ini, sesuatu hal mungkin hampir dilupakan oleh saya pribadi. Hanya untuk menyegarkan ingatan saya menulisnya kembali di sini :

Hukum Versi Five Laws of Library Science  dari S.R. Ranganathan :

1. Books are for use.

2. Every reader his [or her] book.

3. Every book its reader.

4. Save the time of the User.

5. The library is a growing organism.

 (Ranganathan, S. R. (1931). The Five Laws of Library Science. London: Edward Goldston.)

 

Oya, sebelumnya saya juga pernah menuliskan Five Laws of Library Science dari S.R. Ranganathan di blog ini. Kali ini Saya menambahkan dua hukum lagi, saya menemukan keduanya saat berdiskusi dengan Prof. Sulistyo-Basuki pada awal smester di Universitas Indonesia.

 Hukum Versi Five Laws of Library dari Crawford dan Gorman :

1. Libraries serve humanity.

2. Respect all forms by which knowledge is communicated.

3. Use technology intelligently to enhance service.

4. Protect free access to knowledge.

5. Honor the past and create the future.

(Crawford, W., and Gorman. (1995). M. Future libraries: dreams, madness and reality. Chicago and London: American Library Association.)

Hukum Versi Five Laws of Library pada Web dari Alireza Nuruzi :

1. Web resources are for use.

2. Every user has his or her web resource.

3. Every web resource its user.

4. Save the time of the user.

5. The Web is a growing organism.

(Noruzi, A. (2004). ʺApplication of Ranganathanʹs Laws to the Web.ʺ Webology, 1(2), Article 8.)

Hukum-hukum di atas dimaksudkan untuk menjadi unsur dalam menyampaikan pemahaman yang mendalam serta menangkap makna penting dari kepustakawanan (librarianship) itu sendiri. Hukum-hukum tersebut mungkin tampak sederhana, tetapi sebenarnya mereka mengungkapkan kristalisasi peran dan visi yang jelas tentang bagaimana makna kepustakawan yang sebenarnya. Ketiga hukum di atas mewakili makna layanan ideal dan filosofi kepustakawanan itu sendiri.

Saya menyadari hukum-hukum di atas sebagai panduan seorang agen perubahan sekaligus profesional informasi yang disebut pustakawan (librarian). Ya pustakawan tidak salah lagi, pustakawan dituntut untuk tetap fokus pada pemustaka (user) ketika berpikir tentang bagaimana memberikan layanan atau sumber-sumber informasi (baca: pengetahuan) dengan cepat dan akurat.

Dalam upaya untuk menjawab itu, pertanyaan saat ini bukan lagi “Apa yang perpustakaan/pustakawan lakukan?” Melainkan “Untuk apa perpustakaan/pustakawan ada?” Setidaknya jawaban singkat saya adalah perpustakaan ada untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menjamin akses publik terhadap informasi, pengetahuan, ide serta beragam karya kreatif dalam berbagai bentuk isi dan format.

Sekali lagi pustakawan adalah aktivis yang memastikan bahwa kualitas informasi atau nilai dari pengetahuan mampu tersampaikan untuk masyarakat pemustaka. Tidak hanya itu mereka harus berjibaku sebagai penyambung sekaligus komunikator pengetahuan masa silam dengan masa depan demi mencerdaskan masyarakat di setiap lapisan!

Advertisements

2 thoughts on “Hukum Ilmu Perpustakaan dan Pustakawan

Leave a reply please ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s